AHLU SUNNAH WAL JAMA'AH

KASIH SAYANG TERHADAP MAKHLUK

Diriwyatkan dari Abdullah bin Umar ra ia berkata : Raslulloh SAW, bersabda : "Orang-orang yang bersifat kasih sayang, mereka disayangi Tuhan Yang Maha Pemurah. Maka hendaklah kamu semua menyayangi makhluk yang ada di bumi, niscaya makhluk di langit menyayangi kamu."

HIKAYAT KASIH SAYANG UMAR TERHADAP BURUNG

Pada suatu hari Sahabat Umar bin Khatab ra. bepergian di kota madinah. Tiba-tiba ia melihat anak kecil sedang menggenggam seekor burung pipit untuk bermain-main. Karena kasih sayang Umar terhadap burung tadi, maka seketika itu burug itu dibeli oleh Umar dan dilepaskan. setelah Umar Wafat, Mayoritas para Shabat berminpi berjumpa dengan Umar dan bertanya :
Sahabat : "Bagaimana Allah berbuat pada anda?"
Umar : "Allah SWT. mengampuni aku dan membebaskan siksaanku"

Sahabat : "Apakah sebabanya? apa karena kedermawananmu, keadilanmu, dan kezuhudanmu?"
Umar : "Ketika para manusia meletakkan aku dalam kubur dan menimbun aku lalu mereka pulang, jadilah aku sendirian di dalam kubur. Maka datanglah dua malaikat masuk dalam kuburku. Akalku menjadi hilang dan anggota tubuhku gemetar ketakutan karena prabawa dua malaikat tadi. Keduannya lalu memegang tanganku dan mendudukkanku untuk menanyaku. Kebetulan aku mendengan seruan Hatif (suara tanpa rupa):"Wahai kedua malaikat, tingalkanlah seorang hamba-Ku ini! tidak usah engkau tanya dan tidak usah engkau takut-takuti!sebab aku kasih sayang kepadanya dan aku bebaskan sisaan baginya. Karena dia seorang yang kasih sayang kepada seekor burung pipit sewaktu didunia. Maka di akhirat aku kasih sayang kepadanya.